jump to navigation

RENCANA STRATEGIS

A. Visi

      Dinas Sosial Kependudukan Tenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang, sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diberi mandat oleh Undang-undang sebagai penyelenggara kewenagan otonomi daerah di biang Sosial Kependudukan Ketenagakerjaan Dan Transmigrasi, selalu dituntut untuk meningkatkan kinerja organisasi agar tujuan pembangunan dapat dirumuskan dan dicapai secara efektif dan efisien. Eksistensi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang yang efektif dan efisien di masa depan, akan banyak ditentukan oleh kemampuannya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program – program sosial kependudukan ketenagakerjaan dan transmigrasi. Ini berarti bahwa pembangunan dibidang sosial kependudukan ketenagakerjaan dan transmigrasi sebagai bagian dari dari keseluruhan proses pembangunan daerah .

     Salah satu langkah dalam manajemen pada umumnya, dan juga manajemen pembangunan sosial kependudukan ketenagakerjaan dan transmigrasi adalah perumusan visi organisasi, agar setiap anggota di dalamnya memahami arah dan tujuan-tujuan yang ada dicapai bersama. Pernyataan visi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang akan dapat membantu setiap pejabat dan apratur untuk apat menilai kinerja masa lalu, dan mengindentifikasi berbagai langkah penting untuk dilakukan di masa depan. Visi diharapkan akan membankitkan motivasi kerja secara kolektif, karena setiap orang dalam organisasi akan memahami tujuan-tujuan untuk lima tahun yang akan datang. Pernyataan visi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang diharapkan mampu menciptakan konsensus dari setiap stakeholders sehingga mereka memiliki komitmen yang tinggi dan mencurahkan segala daya dan kemempuan demi tercapainya cita-cita organisasi khususnya, dan pembangunan masyarakat Kabupaten Enrekang pada umumnya. Disamping itu, pernyataan visi dapat diciptakan kesadaran kolektif diantara seluruh pejabat dan pegawai tentang pentingnya pencapaian kondisi ideal yang diinginkan dan dirumuskan secara bersama.

     Berdasarkan uraian di atas, berikut ini dirumuskan visi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang untuk lima tahun kedepan sebagai berikut:

Dengan Penataan Administrasi Kependudukan Dan Perluasan Lapangan Kerja Yang Berorientasi Agribisnis Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Yang Bernuansa Religius 2014”

     Dengan visi ini mengandung makna bahwa Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang sebagai lembaga yang dipercaya uantuk melaksanakan program– program sosial kependudukan ketenagakerjaan dan transmigrasi di Kabupaten Enrekang, mengemban tugas untuk penataan administrasi Kependudukan serta perluasan lapangan kerja dalam rangka mengurangi persoalan – persoalan sosial di masyarakat.

B.  Misi

     Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, maka setiap organisasi harus mempunyai misi yang jelas. Pernyataan misi mengidentifikasikan apa, dan untuk siapa organisasi, serta produk maupun jasa apa yang dihasilkan. Berdasarkan tugas pokok dan fungsi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang, maka dirumuskan misi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang sebagai berikut :

  1. Memberikan perlindungan, pengakuan pemetaan status pribadi dan status hokum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk.
  2. Memberikan status hak sipil penduduk.
  3. Menyediakan data dan informasi kependudukan secara Nasional pada berbagai tingkatan yang akurat dan lengkap, mutakhir dan mudah diakses mengenai pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang dapat dijadikan acuan bagi perumusan kebijakan & pembangunan pada umumnya.
  4. Mewujudkan tertib administrasi kependudukan secara Nasional dan terpadu.
  5. Peningkatan pemberdayaan pekerja sosial masyarakat ( PSM ).
  6. Peningkatan pembangunan kesejahteraan sosial.
  7. Pengembangan kemitraan dengan kalangan semua usaha, perguruan tinggi, komunitas local, LSM dan komponen lainnya dalam pembangunan kesejateraan sosial.
  8. Peningkatan pengembangan profesi pekerja sosial.
  9. Peningkatan kwalitas manajemen pelayanan ketenagakerjaan, ketransmigrasian dan kesejahteraan sosial.
  10. Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pelayanan penempatan Tenaga Kerja serta penguatan informasi pasar kerja dan bursa kerja.
  11. Peningkatan kompetensi keterampilan dan produktifitas tenaga kerja dan masyarakat transmigrasi.
  12. Peningkatan pembinaan hubungan industrial serta perlindungan sosial tenaga kerja dan masyarakat transmigrasi.
  13. Percepatan dan pemerataan pembangunan wilayah.
  14. Peningkatan pengawasan ketenagakerjaan.
  15. Pengembangan pola koordinasi dengan dinas/ badan/ kantor/ isntansi terkait dengan pembangunan sosial, kependudukan, ketenagakerjaan dan ketransmigrasian.

C.  Nilai

   Untuk menjaga konsestensi antara pembangunan masa lalu dengan pembangunan mendatang sebagaimana yang tertera pada Visi dan Misi Dinas Sosial Kependudukan  Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang dijabarkan dalam kebijakan pembangunan pemerintah pada kurun waktu 2009 – 2013.

     Maka penyelengaraan pemerintah dan pembangunan daerah beranjak dalam masyarakat yang dinamis, oleh karena itu dalam penyelenggaraan pemerintahan dan tata pergaulan masyarakat nilai-nilai yang dianut berpedoman dan menjadi inspirasi/ kekuatan berdasarkan pada norma agama, norma kesusilaan, norma adat, norma hukum  dan tata pergaulan yang harmonis.

    Adapun nilai-nilai strategis yang menjadi bingkai dalam penyelenggaraan pemerintah dan tata pergaulan masyarakat Kabupaten Enrekang didasarkan pada tradisi masyarakat Kabupaten Enrekang dan prinsip-prinsip  penyelenggaraan pemerintahan yang baik ( Good Govermance ).

    Nilai adalah prinsip-prinsip yang dianut dan diamalkan bersama di dalam organisasi dalam melaksanakan misi dan merealisasikan visi. Adapun nilai yang dapat berfungsi sebagai landasan dan norma perilaku dari semua komponen yang bertugas melaksanakan misi dan merealisasikan visi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang adalah sebagai berikut :

  1. Penataan Administrasi Kependudukan adalah kegiatan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayana publik dan pembanguna sektor lainnya.
  2. Perluasan Kesempatan Kerja berorientasi Agrobisnis adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan lapangan kerja termasuk sektor informal yang berbasis pertanian sehingga mengurangi pengangguran lapangan kerja luar negeri.
  3. Kesejahteran bernuansa religius  adalah suatu keadaan yang mencerminkan kehidupan yang berkecukupan, damai, tentram berdasarkan sendi – sendi agama.

D.  Tujuan dan Sasaran

     Penetapan tujuan didasarkan kepada faktor-faktor lingkugan strategis sesuai tugas dan fungsi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang. Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu dan menggambarkan arah strategis dan perbaikan-perbaikan yang ingin diciptakan. Berdasarkan uraian tersebut, penjabaran visi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang yang lebih spesifik dan terukur sebagai upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan jangka menengah Kabupaten Enrekang, tujuan dimaksud  sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan pelayana umum di bidang sosial, kependudukan, Catatan sipil, tenaga kerja dan Transmigrasi;
  2. Merumuskan kebijaksanan teknis penyusunan program Pengembangan, pemberdayaan, rehabilitasi, penanggulangan dan pembinaan usaha kesejahteraan sosial.
  3. Mengindetifikasi sasaran penanggulangan masalah sosial skala kabupaten.
  4. Mengembangankan jaringan sistem informasi kesejahteraan sosial skala kabupaten.
  5. Menyelenggarakan pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi kependudukan skala kabupaten.
  6. Menyelenggarakan pelayanan pencatatan sipil dalam sistem administrasi kependudukan skala kabupaten.
  7. Menyelenggarakan kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pengenbangan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas/penataan persebaran penduduk, perlindungan penduduk dalam konteks pembangunan berwawasan kependudukan skala kabupaten.
  8. Menyelenggarakan program perluasan kerja melalui bimbingan usaha mandiri dan sektor informal dan serta program padat karya skala kabupaten.
  9. Menyelenggarakan kebijakan pusat dan propinsi, perumusan kebijakan daerah dan pelaksanaan strategi penyelenggaraan urusan pemerintahan dibidang sosial, kependudukan, tenaga kerja dan ketransmigrasian yang meliputi pembinaan SDM aparatur, pemberdayaan bantuan sosial, penyelenggaraan administrasi kependudukan, penyiapan pemukiman dan penempatan, pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi, pengarahan dan fasilitas perpindahan transmigrasi skala kabupaten.

  10. Membina dan mengembangkan karir pegawai serta pelayanan kepada masyarakat sesuai bidang tugasnya.

     Demikian pula halnya dengan sasaran organisasi adalah pernyataan tentang hal-hal yang diharapkan oleh setiap unit organisasi dalam peranannya terhadap pencapaian visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka sasaran dalam Rencana Strategis Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang adalah sebagai berikut:

  1. Terwujudnya pelayana umum di bidang sosial, kependudukan, Catatan sipil, tenaga kerja dan Transmigrasi;
  2. Adanya rumusan kebijaksanan teknis penyusunan program Pengembangan, pemberdayaan, rehabilitasi, penanggulangan dan pembinaan usaha kesejahteraan sosial.
  3. Terselenggaranya pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi kependudukan skala kabupaten.
  4. Terselenggaranya program perluasan kerja melalui bimbingan usaha mandiri dan sektor informal dan serta program padat karya skala kabupaten.
  5. Penyiapan pemukiman dan penempatan, pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi, pengarahan dan fasilitas perpindahan transmigrasi.

E.  Strategi dan Kebijakan

   Strategi dan Kebijakan pada hakekatnya menjelaskan pemikiran-pemikiran secara konseptual, kualitis, rasional, realistis dan komprehensif tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk memperlancar atau mempercepat pencapaian visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Strategi merupakan rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya organisasi Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang sebagai berikut;

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan umum di bidang sosial, kependudukan, Catatan sipil, tenaga kerja dan Transmigrasi;
  2. Perumusan kebijaksanaan teknis penyusunan program Pengembangan, pemberdayaan, rehabilitasi, penanggulangan dan pembinaan usaha kesejahteraan sosial.
  3. Meningkatkan pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi kependudukan secara optimal.
  4. Menyelenggarakan program perluasan kerja melalui bimbingan usaha mandiri dan sektor informal dan serta program padat karya skala kabupaten.
  5. Mempersiapkan pemukiman dan penempatan, pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi, pengarahan dan fasilitas perpindahan transmigrasi.

     Untuk mencapai strategi dan sasaran maka diperlukan suatu intervensi dalam bentuk kebijakan organisasi. Kebijakan yang dimaksud merupakan suatu dasar atau pedoman bagi pelaksanaan suatu program dan kegiatan. Salah satu unsur penting dalam menetapkan unsur kebijakan adalah tidak hanya baik secara konsep melainkan dapat dilaksanakan secara konsisten, sistematis dan berkesinambungan.

       Penetapan kebijakan sebagai suatu cara untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam Renstra Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang disusun dengan tetap memperhatikan Program Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Enrekang tahun 2009-2013 yang relevan dengan kelembagaan Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang. Dalam kaitannya dengan Renstra Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang, maka kebijakan yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

1        Membangun komitmen untuk peningkatan kualitas pelayanan umum di bidang sosial, kependudukan, Catatan sipil, tenaga kerja dan Transmigrasi;

2        Menetapkan kebijakan teknis penyusunan program Pengembangan, pemberdayaan, rehabilitasi, penanggulangan dan pembinaan usaha kesejahteraan sosial dan peningkatan pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi kependudukan secara optimal.

3        Menciptakan  perluasan kerja melalui bimbingan usaha mandiri dan sektor informal dan serta program padat karya skala kabupaten serta persiapan pemukiman dan penempatan, pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi, pengarahan dan fasilitas perpindahan transmigrasi.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: